Profile Pendiri

Assalamu’alaikum wr.wb.

Menjadi seorang ibu yang berprofesi sebagai bidan membuat masalah seputar kesehatan ibu dan anak selalu menjadi perhatian saya. Lebih dari 30 tahun yang lalu, kesehatan ibu dan anak terutama yang berhubungan dengan kehamilan dan kelahiran masih belum mendapatkan hasil yang optimal, sehingga tingkat kematian ibu dan anak menjadi cukup tinggi terutama untuk ibu-ibu dengan latar belakang ekonomi kurang mampu ataupun mereka yang berada di pelosok. Saya tergerak ingin memberi kontribusi sesuai dengan bidang keahlian saya.

Diawali oleh sebuah ruangan sederhana berisi 2 tempat tidur untuk membantu ibu-ibu melahirkan, perlahan berkembang menjadi rumah sakit bersalin untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar akan layanan kesehatan ibu hamil dan melahirkan. Di pertengahan tahun 2014, Rumah Sakit Bersalin Kartini yang terletak di daerah pemukiman padat Cipulir, meyakini bahwa kebutuhan layanan kesehatan ibu juga terkait dengan kesehatan anak. Karena itu Rumah Sakit Bersalin Kartini menambah jenis layanan kesehatannya dan berubah menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak Kartini.

Kebutuhan masyarakat sekitar semakin berkembang, mereka juga membutuhkan layanan kesehatan untuk seluruh anggota keluarga yang bisa menangani penyakit-penyakit umum termasuk untuk keadaan emergency. Selaras dengan pertumbuhan kebutuhan ini, Rumah Sakit Ibu dan Anak Kartini memperluas visi dan misinya agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, dan merubah statusnya menjadi rumah sakit umum dengan nama Kartini Hospital.

Perjalanan puluhan tahun dengan beragam pengalaman di bidang kesehatan khususnya pada layanan kesehatan ibu dan anak, menghadapi berbagai kondisi yang kadang tidak ideal, menyaksikan pertumbuhan kebutuhan jasa kesehatan di masyarakat; ini semua terekam dalam benak saya dan saya ingin berbuat sesuatu yang lebih dari sekedar memberi jasa kesehatan.

Sebagai bidan senior, saya menginginkan penerus saya yaitu bidan-bidan junior untuk bisa menjadi bidan profesional yang mahir di bidangnya, santun dan bertanggung jawab. Di tahun 2008, Akademi Kebidanan Kartini didirikan untuk menyiapkan bidan-bidan terlatih yang siap terjun di masyarakat sebagai ujung tombak yang dapat membantu keberhasilan persalinan ibu. Lulusan Akademi Kebidanan Kartini mendapat kesempatan untuk bergabung menjadi bagian dari tim kesehatan Kartini Hospital selain juga berkesempatan menjadi bidan profesional di seluruh Indonesia.

Kartini Hospital siap memberi pelayanan kesehatan secara menyeluruh, tidak hanya merawat pasien, tetapi juga berbagi pengetahuan seputar kesehatan yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan keluarga, ini adalah suatu kebahagiaan bagi saya dan keluarga besar Kartini Hospital. Terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kebahagiaan yang telah diberikanNya, semoga perjalanan kami akan terus berlanjut dalam karuniaNya.

Wassalamu’alaikum wr. wb